Salah satu seragam sekolah wajib yang harus dimiliki oleh setiap siswa, bahkan termasuk juga guru adalah seragam pramuka. Pramuka adalah kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah yang ada di Indonesia. Aturan ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan. Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian pada peserta didik. Bentuk seragam pramuka ini cukup beragam, mulai dari siaga hingga pembina.

via kabar24.bisnis

Desain seragam sekolah pramuka

Seperti yang telah dijelaskan diatas, seragam pramuka yang ada di Indonesia ini cukup beragam. Berikut ini adalah beberapa desain seragam pramuka yang perlu Anda ketahui, seragam ini sendiri berlaku, dari mulai siaga hingga pramuka dewasa atau dalam hal ini pembina pramuka :

 

via detik

 

  • Seragam harian

Yang dimaksud dengan seragam harian adalah, seragam yang digunakan oleh seluruh anggota gerakan pramuka, ketika melakukan kegiatan kepramukaan harian. Selain itu, pakaian ini juga dapat digunakan ketika upacara.

Desain seragam harian untuk siaga dan penggalang berbeda dengan desain seragam pramuka lainnya. Khusus untuk celana putra menggunakan desain celana pendek, demikian rok khusus untuk putri. Untuk bagian saku pada kemeja siaga, diletakkan di bawah, sedangkan untuk penggalang diletakkan di atas, atau di bagian dada.     

Untuk penegak, pandega dan juga pembina, tidak jauh berbeda. Khusus untuk perempuan menggunakan rok, sepanjang lutut. Sedangkan untuk pria menggunakan celana panjang.

  • Seragam kegiatan

Seragam kegiatan pramuka, atau kerap kali disebut dengan seragam PDL. Seragam yang satu ini, dikenakan oleh para anggota pramuka, ketika akan melakukan kegiatan lapangan. Hal ini sengaja dilakukan untuk mempermudah para anggota ketika melakukan berbagai aktifitas.     

  • Seragam upacara

Seperti namanya, seragam yang satu ini, akan dikenakan ketika upacara berlangsung. Seragam seperti ini, biasanya digunakan oleh para anggota pramuka yang sudah dewasa. Upacara yang dimaksud biasanya upacara khusus, seperti upacara proklamasi kemerdekaan RI, hari pramuka, pelantikan pengurus Kwartir / Mabi, dan upacara lainnya. Pakaian ini juga dapat digunakan ketika menghadiri beberapa acara resmi kepramukaan di luar negeri.  

  • Seragam muslim

Sesuai dengan namanya, maka seragam yang satu ini, khusus digunakan oleh para anggota pramuka yang beragama Islam. Dimana seluruh pakaian yang digunakan panjang, baik atasan maupun bawahannya. Hal ini berlaku untuk seragam pramuka siaga hingga pembina. Sedangkan untuk beberapa tambahan lainnya, seperti jilbab dan yang lainnya, tentunya disesuaikan dengan syariat Islam dan juga tata cara kepramukaan.

  • Seragam tambahan

Selain beberapa desain seragam yang telah disebutkan di atas, ada juga beberapa seragam tambahan yang dapat dikenakan oleh para anggota pramuka, antara lain  blazer, jas atau juga rompi, dengan catatan setangan leher harus tetap terlihat. Ketika cuaca sedang dingin, maka pramuka siaga atau juga penggalang dapat menggunakan celana panjang yang berwarna coklat tua. Sedangkan untuk kegiatan nasional atau juga kedaerahan dapat menggunakan seragam sesuai dengan ciri kedaerahan, namun tetap menggunakan setangan leher.    

 

Kelengkapan seragam pramuka   

 

Selain desain seragam yang sedikit berbeda, berikut ini, adalah beberapa tambahan kelengkapan seragam pramuka yang harus Anda ketahui, antara lain :

  1. Setangan leher

Setangan leher atau disebut juga dengan dasi pramuka, bentuknya segitiga sama kaki. Setangan leher ini kemudian dilipat dengan teknik tertentu, hingga membentuk sempurat merah putih yang serasi. Sebagai pelengkap, dikenakan pula, cincin atau ring, yang diletakkan tepat di bawah kerah baju atau pada lingkar leher di atas kerudung lebar bagi para muslimah. Setangan leher ini sendiri saat ini digunakan oleh para anggota pramuka putra dan juga putri.

  1. Topi

Tutup kepala untuk anggota pramuka ini sendiri juga cukup beragam, baik untuk siaga, penggalang, pembina dan yang lainnya. Untuk siaga, biasanya menggunakan topi khusus dari bahan kain, untuk penggalang, penegak dan juga pandega putra menggunakan topi yang berbentuk baret. Sedangkan untuk penggalang, penegak dan pandega putri menggunakan topi yang berbentuk seperti lingkaran. Topi ini sendiri tentunya digunakan pada saat upacara berlangsung, dan juga ketika kegiatan berlangsung.

 

Bahan seragam pramuka

Khusus untuk bahan seragam pramuka yang berkualitas, dan juga terpercaya, biasanya menggunakan meltop. Bahan ini biasanya digunakan pada atasan maupun bawahan. Yang membedakan hanyalah warna yang digunakan. Pada bagian atas menggunakan warna coklat muda, sedangkan untuk bagian bawahan menggunakan warna coklat tua. Selain itu ada juga beberapa bahan lain yang juga sering digunakan, hanya saja kualitasnya kurang begitu baik.  

 

Cek media sosial kami

Twitter : @permanaseragam

Youtube : Seragam Permana

Instagram @seragampermana

TELP / WHATSAPP 0878-5202-2377 ( Pak Adit )

INGAT SERAGAM SEKOLAH, INGAT SERAGAM PERMANA

Klik tombol dibawah untuk pemesanan